Rabu, 01 Januari 2014

Manfaat Menggunakan Ventilating / Exhaust Fan

Ventilating / Exhaust Fan


Hari semakin panas. Kebanyakan orang-orang menghidupkan AC sebagai alternatif untuk mendinginkan ruangan tersebut. Mengingat banyak dampak negatif dari AC, sayapun terilhami dengan ventilating fan. Apa itu ventilating fan? Ventilating fan adalah sebuah kipas yang dipasang di tembok yang sudah diberi lubang dan berfungsi membuang udara kotor dari dalam ruangan ke luar ruangan. Ventilating fan mempunyai perbedaan sedikit dengan exhaust fan, exhaust fan hanya bisa membuang udara 1 arah (out/keluar), berbeda dengan ventilating fan yang bisa menyirkulasikan udara 2 arah ( in and out / keluar dan masuk ).

Banyak sekali merk ventilating yang dijual di pasaran mulai dari merk Panasonic, Maspion, KDK, Sekai, dll. Setelah searching di Pak Dhe Google, pilihan saya jatuh di Panasonic. Kenapa? Menurut saya, selain hemat energi juga mempunyai desain yang ringkas. Disini, saya akan memberikan pengalaman saya menggunakan ventilating fan.
Oke, langsung aja ceritanya ya. Di siang hari yang begitu panas, ortu saya ingin membeli speaker aktif  baru. Di hati saya saya berpikir, “ Wah, pas banget nih, sekalian beli ventilating fan aja ah..”. Ortu saya bilang gini : “ lha memangnya buat apa? ”. “buat menyejukkan kamar aja”, kataku. “ ya sudah”, kata ortuku. 

Setelah oteweh di toko elektronik dengan orang tua saya, sayapun melihat-lihat AC yang dipajang di toko tersebut, (sekalian ngadem berbuhubung tokonya ada ACnya. :D). Pemilik toko menghampiri saya, “ mau pilih AC mas? Ini, AC Panasonic ECONAVI bisa menyensor manusia bla..bla..bla..”. Setelah panjang lebar dijelaskan, sayapun bertanya kepada pemilik toko, “disini ada ventilating fan Panasonic Pak? Yang udaranya keluar masuk” (ya elah.., udah dijelasin AC sampai panjang lebar ujung-ujung nya beli kipas ==”) . “Ada mas”, kata pemilik toko, “ Ton, Tolong ambilkan exhaust fan panasonic yang keluar masuk”, kata pemilik toko kepada karyawannya. Setelah diambilkan di gudang, saya ingin memastikan apakah ventilatingnya cacat/tidak. Pemilik tokopun dengan senang hati mau membuka kardusnya dan di test apakah kipasnya bisa hidup/tidak.

Setelah ventilating berjalan normal, sayapun bertanya kepada pemilik toko, “harganya berapa Pak?. “360 ribu mas”. Duarr.., saya kaget banget.., harganya pun melebihi ventilating fan merk maspion yang dipatok harga sekitar 200ribuan. “Bisa dikurangi sedikit apa nggak Pak?”. “Wah.. nggak bisa mas, harganya sudah pas”. Menurut saya, wajar lah produk panasonic mahal dikarenakan kualitasnya dari Jepang. “300 ya Pak, 60nya kok ngganjal...,” bujuk saya. “Nggak bisa mas, ini udah mentok, tidak bisa ditawar lagi”. Hufft.., dengan lapang dada, sayapun deal untuk membeli ventilating fan panasonic tersebut dengan harga 360 ribu rupiah.  Setelah dikemas kembali, sayapun membawa pulang ventilating tersebut ke rumah. Setelah boxnya saya taruh di kamar saya, sayapun berencana memasang hari ini. Berhubung hari sudah sore, mending di pasang besok saja, pikirku.


Kringg.., hari esokpun telah tiba, kini saatnya memasang ventilating fan yang tercinta dan tersayang. Ayah saya menyiapkan papan kayu untuk menutupi sisi ventilating yang dipasang di jendela. Mulai dari pencopotan jendela, menggergaji kayu, dan pemasangan stop kontak. Kurang lebih selama 4 jam, ventilating fan pun sudah menempel di tembok dengan rapi.

Ternyata menggunakan ventilating banyak efek baiknya lho, kamar terasa lebih sejuk walaupun tanpa AC, mengurangi lembab dan menghilangkan udara pengap. Sekarang, kamarpun tetap sejuk menggunakan ventilating fan tanpa menggunakan AC.


 





102 komentar:

  1. ternyata walau pakai ac perlu juga pakai fan toh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sobat, namun yang perlu diperhatikan, pada saat AC dihidupkan, fan jangan dihidupkan bersamaan dengan AC. :)

      Hapus
    2. o begitu, apa pengaruhnya kalau AC dan fan di hidupkan bersamaan? terima kasih pencerahaannya

      Hapus
    3. Nah, jika ac hidup dan exhaust fan tersebut dipasang diantara luar ruangan dgn dalam ruangan, akan menyebabkan udara dingin yang dihasilkan ac akan tersedot oleh exhaust fan. Kecuali jika exhaust fan dipasang diantara ruangan 1 dgn ruangan yg lain (untuk mendinginkan ruangan yg lain dgn bantuan exhaust fan). Terima kasih..

      Hapus
    4. Mas mau tanya... Kamar saya pengappppp sx.. Ngak ada pentilasinya.. Klo eksas yg d langit2 plapon efektif gak untuk buang udara panas?? Makasih

      Hapus
  2. mas, numpang nanya dong.... saya mau pasang juga di kamar saya.. kira2 daya listriknya brp ya.. sama kamar saya ini tertutup banget (pake AC) jadi sebaiknya gimana apa harus dibolongin dulu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daya exhaust/ventilating fan tidak lebih dari 50 watt (rata2 30-40 watt). Untuk masalah pemasangan ventilatig/exhaust memang harus wajib untuk membolongi dahulu, tergantung jenis kipas yang akan dipakai. Untuk exhaust fan jenis ceiling, pemasangan harus dipasang di langit2. Namun, jika jenis fan nya ventilating, harus dipasang di tembok. Terima Kasih..

      Hapus
  3. Asslmkm mas tolong bantuannya ...saya sudah oasang exhaus yg d tembok d kontrkn saya yang 3 petak dan 2 sekat ..namun jam 11 sd jam 3 sore tetep panas . D tambah lagi kalau tetangga masak udara panasnya masuk dari dapur belakang saya ...jd d ruangan tambah panas ... gimana caranya bisr adem ...apakah exhaus kaya AC ruangan harus d tutup atau gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hendra. Kalau saran saya, sebaiknya exhaust fan jangan dihidupkan pada saat siang hari sampai sore hari jika tinggal di daerah perkotaan. Mengingat udara di siang hari sampai sore hari itu tingkat udara sangat kotor, kecuali kalau tinggal di pegunungan yang cenderung udaranya lebih bersih daripada di perkotaan. Sebaiknya exhaust fan dihidupkan pada saat pagi hari karena udaranya masih bersih dan segar. Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
    2. exhaust tuh bisa buat nyaring udara kotor didalam ruangan gak si mas?

      Hapus
    3. Halo Bagus Pratama. exhaust itu hanya untuk mengganti udara sehingga tidak pengap tapi kalau untuk menyaring sih paling hanya di kasih saja dan itu pun untuk memasuki udara di luar [exhaust itu untuk menuukar udara di dalam ruangan]

      Hapus
    4. Kalau untuk kontrakan saya sarankan pasangnya di atas dapur aja, jadi udara masuknya melalui dari depan luar, bukan dari udara atap yg tergabung dengan udara masak tetangga sebelah, trim

      Hapus
  4. Bagaimana menurut mas dengan penggunaan exhaust fan sepanjang malam dengan aliran udara keluar dari ruangan?apakah ada dampak negatif pada kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Wiryadi. Kalau menurut saya penggunaan exhaust dan pada saat malam hari sangat tidak baik untuk kesehatan. Karena angin malam dapat memicu penyakit asma, paru-paru basah, dan masih banyak lagi. Saya sarankan agar exhaust fan dinyalakan pada saat pagi hari karena udaranya masih bersih. Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  5. Asslmkm mas tolong bantuannya ...saya punya 2 ruang yang 1 pake AC trus 1 nya lagi tidak. Biar 2 ruang itu sama-sama dingin rencana saya akan dipasang exhaust fan. Sebaiknya dipasang exchaust fan atau ventilating fan? Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk masalah pemasangan exhaust/ventilating fan dengan tujuan mendinginkan dari 1 kamar ke kamar yang lain sebaiknya perhatikan dahulu kapasitas pendinginan AC. Jika kamar yang dipasangi AC mempunyai ukuran 3×4 dengan ac 1/2 PK tidak saya sarankan. Karena nantinya kamar yang dipasang AC justru menjadi tidak dingin karena kecepatan udara AC lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan exhaust/ventilating. Kecuali jika fan nya diatur agar kedua kamar mempunyai suhu yang sama.

      Kalau untuk jenis fan nya, saya sarankan menggunakan ventilating fan saja (sistem 2 arah), agar nantinya jika kamar yang ingin didinginkan menggunakan fan terlalu dingin, maka arah angin dapat diubah arahnya. Jadi kedua kamar bisa mempunyai suhu yang sama.
      Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  6. Halo mas saya mau tny bagaimana kita bisa mengukur dgn pas antara exhaust dan ruangan yg akan dipasang exhaust.kalo utk ruangan 3x4 mtr ckp ngk dgn exhaust ukuran 10 inch.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut ini saya sampaikan rumus untuk memudahkan cara menghitung kebutuhan exhaust fan :
      C = (A x B). 

      Nilai A: volume ruangan dalam M3 
      Nilai B: nilai kebutuhan frekwensi pergantian udara dalam satu jam untuk suatu ruangan tertentu yang akan dipasang exhaust fan. Pergantian untuk ruangan 3x4 umumnya 6 kali/jam. . 
      Nilai C: nilai "air volume" dari exhaust fan dalam satuan m3/jam (dapat dilihat pada catalog/spesifikasi masing-masing merk fan, misalnya saya menggunakan brand KDK)

      Contoh :
      Kamar dengan ukuran 3mx4mx3m. Maka : 
      Nilai A : 3x4x3 = 36 m3
      Nilai B : 6 kali/jam
      Nilai AxB : 36x6 = 216 m3/jam
      Nilai C = Nilai AxB = 216 m3/jam

      Cara memilih : (lihat spesifikasi ventilating fan KDK)
      Jadi pilihan yang tepat adalah seri ventilating fan type wall 15WHCT yang mempunyai air volume 226 m3/jam.

      Catatan : untuk seri fan yang akan digunakan sebaiknya harus mempunyai nilai kurang lebih 216 m3/jam. 
      Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  7. kalau misalnya menggunakan exhaust fan tanpa AC, apa bisa bikin kamar jadi adem juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo aan. Sebenarnya fungsi dari exhaust fan adalah mensirkulasikan udara. Bukan menyejukkan atau bahkan mendinginkan. Karena fungsi exhaust berbeda dengan AC. Jikalau exhaust dihidupkan di siang hari yang udaranya sangat panas, maka ruangan yang dipasang exhaust juga panas pula, terlebih lagi kalau udara di luar sangat kotor dan berdebu.

      Sebaiknya, exhaust dihidupkan di pagi hari karena udaranya belum tercemar dan masih bebas dari polusi. Nah, dengan cara ini ruangan yang dipasang exhaust juga ikut sejuk.
      Terimakasih telah berkunjung.

      Hapus
    2. Maaf haruskah jika pasang hexhaust ventilasi harus ditutup note rumahnya gak ada ac

      Hapus
  8. Kamar aku panas banget, malam hari sj walaupun sdh pake fan tp ttp sj msh terasa gerah, apalg selama musim kemarau ini. Kadang msh buka 2 jendela smbl nyalain fan ttp sj msh gerab aplg d siang hari panaaass buanget. Sebaiknya aku pke ventilating fan 1 arah atau yg 2 arah ya mas?
    Kl dr segi pemakaian daya listrik mahalan AC 1PK atau ventikating fan?
    Menurut mas, aku sebaiknya menggunakan AC, ventilating fan 2 arah atau ventilating fan 1 arah yg gak menggangu kesehatan baik d siang hari dan malam hari.
    Ohya ukuran kamar tiduraku 3.5m x 3.5m dengan jendela kamar menghadap jalan d area kompleks tp tiap hari dLalui angkutan umum, kendaraan ramai kaku lalang
    Trmksh sebelumnya mas Ade☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, menurut saya penggunaan fan (kipas angin biasa) sangat tidak efektif untuk menyejukkan ruangan. Karena fungsi dari kipas angin hanyalah mengeluarkan udara dan mengikuti suhu ruangan. Jika ruangan panas, angin yang dihasilkan oleh kipas juga ikut panas.

      Berbeda dengan ventilating/exhaust fan yang mempunyai fungsi menyejukkan dan mengurangi kelembaban. Karena jenis fan ini mensirkulasikan dari luar ruangan ke dalam ruangan.

      Kalau saran saya, sebaiknya menggunakan ventilating fan (2 arah). Karena jika udara di pagi hari, kipas dapat disetel dalam mode "in". Jadi udara dari luar ruangan dapat disirkulasikan ke dalam ruangan. Perlu diperhatikan, untuk penggunaan ventilating fan di siang hari sebaiknya dihindari. Mengingat udara di perkotaan sangat kotor.

      Kalau dari segi pemakaian daya listrik, sangat jauh bila dibandingkan antara AC dengan ventilating fan. Karena AC mempunyai fungsi yang berbeda dengan fan. Daya ac bisa mencapai 820 watt untuk 1 PK, sedangkan ventilating fan hanya 50 watt.

      Kalau dilihat dari segi kebutuhan, ini terserah anda. Jika mempunyai budget lebih, bisa pasang AC untuk menyejukkan ruangan dan ventilating fan untuk sirkulasi udara.

      Kalau dilihat dari segi kesehatan, penggunaan ventilating fan lebih aman daripada AC. Jikalau terpaksa sudah menggunakan AC, pergunakan secara bijak. Jangan disetel terlalu dingin.

      Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  9. Mas saya mau tnya.. ukuran kamar 3.5x3.5 saya hanya gunakan kamar mulai jam 5 sore.. dari pagi kamar saya tutup gitu saya pulang dan buka kamar .. hawa nya terasa sangat pengap dan panas.. kalau menurut mas saya memerlukan 1 kipas penyedot itu atau 2 mas...
    Dan kira kira hasil nya gimana tuas ketika sudah terpasang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Agung, untuk ukuran kamar 3,5x3,5 menggunakan 1 ventilating/exhaust sudah dirasa cukup. Rekomendasi saya, pilih ukuran baling-baling kipas (di pasaran tersedia diamater 25 cm dan 30 cm)dan pilih dengan ukuran diameter 30 cm saja. Mengingat ukuran kamar yang akan dipasangi fan cukup luas.

      Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  10. Nanya Mas, di kamar Mandi saya pakai
    Pemanas Gas. Minta dong rekomendasi ventilating fan yang cocok (ukuran kamar Mandi Panjang 2 meter, lembar 1,5 meter dan Tinggi 3,5 meter. TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hendri, untuk penggunaan kamar mandi dengan pemanas gas cukup menggunakan 1 unit exhaust fan (bukan ventilating fan). Rekomendasi saya merek Panasonic seri FV-25TGU3. Semoga membantu :)

      Hapus
  11. Mas, sy td baru aj beli exhausefan merk maspion MV303NEX. Tp kok gk bs otomatis narik dan ngeluarkan udara. Jd misal mau ngeluarkn udara harus narik tali pengaturnya dulu baru pindah dari in ke out. Memang semua exhaustfan gitu ya,gak bs otomatis? Punya mas gmn? Mksh bnyk mas sbelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang begitu mba sistemnya,,manual :D

      Hapus
    2. Awokawok :v beli yang pake remot aja,itupun kalo ada

      Hapus
  12. kalo ruang 4X9m bagusnya menggunakan exhaust 3, atau 1 tapi berukuran besar
    terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk ruang 4x9 idealnya menggunalan exhaust fan 3 unit dengan diameter baling-baling 30 cm (untuk tinggi plafon 3 meter dan penggunaan untuk ruangan biasa, bukan untuk kitchen/dapur dimana ada sumber panas). Terimakasih telah berkunjung :)

      Hapus
  13. Kost an saya menggunakan exhaust fan, dan ada tulisan IN dan OUT disitu, apakah funfsinya berbeda? Misalnya OUT: untuk menghangatkan ruangan dan IN: untuk mendinginkan ruangan, atau sama saja fungsi IN dan OUT tsb? Mohon bantuannya..trmksh

    BalasHapus
  14. In untuk Memasukan Udara dari Luar kedalam Ruangan.
    Out untuk mengeluarkan Udara dalam Kamar keluar.

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Halo Hanafi, terimakasih semoga membantu :)

      Hapus
  16. Berarti itu berbeda dgn kipas angin kan, tdk bisa digunakan jika saat panas.
    Tapi kipas angin lama lama jg tdk baik, sedangkan sy tdk pasang ac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Saras Waty, iya jika kipas angin biasa dibandingkan dengan ventilating/exhaust fan punya sistem yang berbeda. Kipas angin biasa hanya memutar-mutar udara itu2 saja.

      Untuk alternatif jika ingin ruangan dingin dan tdk pasang ac solusinya pakai air cooler saja. Terimakasih :)

      Hapus
  17. gan mau mimta pendapatnya dong hehe...
    ukuran kamar ane 4,5m x 3m dan tinggi 4m...
    ane perokok aktif gan, biasanya cuma modal kipas angin doang, pasang AC juga watt gk mencukupi.... ane ada rencana mau pasang exhaust fan...
    minta rekomendasi gan merk dan tipenya yg sesuai dengan ukuran kamar ane dan kebiasaan ngerokok ane dikamar gan hehe.... terus lebih bagus dipasang keluar ruangan apa keruang tamu gan?

    BalasHapus
  18. Salam knl.. maaf numpang tny... utk penghematan bg kmr asisten RT/sopir, yg plg efisien, hemat & manfaat maksimal: gunakan exaust atau ventilating 1 arah atau 2 arah ya..tks sblmx..

    BalasHapus
  19. Salam kenal mas,,, saya punya toko besarnya 11x15m,, saya sudah pasang ac, saya jga sdh pasang air curtain di pintu masuk, tp di dlm toko ttp mash banyak debu.. Mohon petunjuknya apa harus di tambah penghisap asap atw exaust??

    BalasHapus
  20. assalamualaikum, selamat pagi gan, mau tanya kalu exhaust fan sama ventilating fan itu fungsinya bagus yg mana? kamar saya suasananya pengap banget? mohon infonya. Terimakasih

    BalasHapus
  21. Mas mau tanya dong.. kamar saya jendelanya langsung menghadap teras samping rmh dan banyak pohon.. Jika di saat malam hari exhaust fan nya saya setting menarik udara dari luar ruangan ke dalam ruangan gmn? apakah udara di kamar akan berpengaruh secara signifikan?

    BalasHapus
  22. Maaf mau tanya, saya mau buat dapur dengan panjang 3x3 m2. Apakah bisa kalau memakai exhaust fan atau ventilating 2 arah, saya ingin udara dapur saya menjadi sejuk dan tidak bau masakan,makasih

    BalasHapus
  23. Halo mas sy mau numpang nanya nih.sy tinggalnya di kontrakan dan kebetulan pembuangan kamar mandi sy langsung ke selokan jdi klw saat pintu semua trtutup maka sy bisa tdk bisa nahan dngn bau tak sedap dri selokan ..apakah klau sy memasang exhoust fan maka akan membantu sy ?

    BalasHapus
  24. Mas mau tanya, kapan sebaiknya menggunakan mode yg out di ventilating fan ?

    BalasHapus
  25. Masukkan komentar Anda...halo mas apakah ventilasi panasonik itu ada pengaturan angin nomor 1234 seperti kipas angin?

    BalasHapus
  26. Kalo exhaust fan di pake di dapur untuk keluarin asap saat memasak bisa ngga?

    BalasHapus
  27. buat exhaust sederhana bisa coba https://youtu.be/buGxslsU7hs

    BalasHapus
  28. Halo mas.mau tanya sy punya 2 ruangan yang bersebelahan. 1 dipasang ac 1/2pk
    Ruangan sebelah blm ada ac karena listrik cm 900
    Kalau saya pasang exhaust fan di dinding agar bs conect dinginya antar ruangan apa rekomended? Ukuran exhoust brp ya yang cocok?

    Mksh bantuannya

    BalasHapus
  29. Hi mas, mohon sarannya. untuk kamar 3x3 tanpa jendela sebaiknya dipasang exhaust fan ke ruang sebelah(ruang keluarga, jd dipasang didinding) atas pasang diatas (keloteng, tp tanpa pipa) makasih mas

    BalasHapus
  30. Hallo mas ,, dikamar saya exhaust ukuran nya si engga terlalu besar saya mau tanya apa dampak kesehatan ketika exhaust di nyalakan pada malam hari d\n siang hari,, ketika bareng pada kipas angin

    BalasHapus
  31. Hallo mas, kamar saya menggunakan exhaust fan malam hari tapi tidak berefek apa apa. Malah semakin panas, kaya sauna. Padahal sudah dinyalakan pada mode in. Apakah exhaust rusak, kotor atau apa? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan mode out. Udara panas keluar, udara luar ruangan masuk ke dalam

      Mode in, sy tdk tau cr kerjanya, tp memang saat sy pakai, seperti ruangan di sauna. Jd sy pikir, mode in ini untuk dipakai musim dingin.

      Hapus
  32. mas, saya mw buka ruangan karaoke kedap suara 3x4. karena budget saya terbatas, saya ingin menggunakan exaust fan sebagai pengganti ac. pertanyaan nya, apakah ruangan tersbt bisa sejuk / pengap meski tanpa ac? mohon konfirmasi nya.

    BalasHapus
  33. Mas mau tanya , saya pasang blower yg di dinding klw mlm2 saya nyalain terus menerus sampe pagi baik g buat kesehatan ? Apalagi mengingat saya punya anak kecil tpi saya menyalakan blowernya yg menyedot udara daru dalm ruangan keluar itu gmna baik g buat kesehatan mengingat ruangan kamar saya cmn 3 petak

    BalasHapus
  34. Mas mau tanya saya pasang exhaust fan uk.15 ,2 buah. Untuk kamar uk 4x4. Tapi masih panas. Jadi sy tambah air cooler. Bolehkah exhaust fan dan air cooler dinyalakan bersama? Atau harus salah satu?

    BalasHapus
  35. mas tanya dong. utk dapur saya terlanjur beli Ventilation Fan 1 arah saja dr dlm ke luar. ukr 32". pertanyaannya saya hrs ganti 2 arah atau tetep aja krn pas masak k apa baunya msh masuk keruang lain atau kanar.

    BalasHapus
  36. Dah ga ad yg jawab..

    BalasHapus
  37. Hallo mas saya mau tanya
    Saat ini saya tinggal di kost ukuran 3 x 8 dengan penti lasi kecil fan atap cor. Udara di dalan sangat panas sekalai. Produk yang cocok type seperti apa dan cukup kah jika satu d pasang

    BalasHapus
  38. Mas saya mau tanya, saya tinggal di perkampung mas udara di luar masih sejuk dan bersih, saya ingin pasang exhaut fan tapi saya salah beli exhaust fan mau beli yang 2 arah jadi yang tebeli 1 arah yang letak di flapon merek kdk. Apa itu bisa menyejukkan kamar saya mas. Terimakasih

    BalasHapus
  39. mas, saya gak nierti mksud in/out di pengaturan exhaust fan saya panasonic. terima kasha

    BalasHapus
  40. Mas ukuran kamar saya 4,25 x 3 x 3.exhaust fan plafon yang pas dan cocok apa ya

    BalasHapus
  41. Mas..kalau posisi blower ny itu baring pengaruh gk ya?

    BalasHapus
  42. wah ternyata manfaatnya seperti itu makasih infonya

    investing in indonesia

    BalasHapus
  43. Apakah exhaust pan tidak masalah dipakai seharian

    BalasHapus
  44. Selamat siang mas...saya punya anak bayi..selama di solo udara masih sejuk stelah saya bawa ke jkrta anak saya rewel terus karena di sini panas sekali.kira kira saya harus pakai exhaust fan atau ventilating fan? Kalau pakai ac listrikrumah gak kuat soal nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya, kebetulan pernah mengalami hal yg sama. di jakarta wajib pakai AC, exhaust fan gak ngefek.

      Hapus
  45. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://kontraktorjogja.co.id/ . Sukses selalu

    BalasHapus
  46. Saya sudah pasang, tapi ko tetep panas ya

    BalasHapus
  47. Mas mau tanya saya mau pasang hexos dikamar . Posisi kamar ventilasi nya disebelah utara nah sebaiknya memasang hexosnya disebelah mana ya ?

    BalasHapus
  48. Mo tanya mas..kl daya hisap exhaust terlalu besar..dibanding luas kamar...kok kl sy buka pintu kamar...kipasnya bunyi keras...trs kl sy tutup pintu nya bunyi kipas nya mengecil...
    Apakah daya hisap yg terlalu besar dibanding luas ruangan dan jumlah udara yg dihisap..bisa merusak motor exhaust tsb...?

    BalasHapus
  49. Maaf mas mau nanya...kamar saya terasa panas kalo malam hari...apakah bisa dingin/sejuk udara di kamar saya apabila saya pasang exhaust fan arah dari dalam buang udara keluar mas...terima kasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  50. Jual AlphaMax Gel Di Jogja | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  51. Jual AlphaMax Gel Di Medan | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  52. Jual AlphaMax Gel Di Denpasar | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  53. Jual AlphaMax Gel Di Pekanbaru | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  54. Jual AlphaMax Gel Di Palembang | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  55. Jual AlphaMax Gel Di Surabaya | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  56. Jual AlphaMax Gel Di Jakarta | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  57. Jual AlphaMax Gel Di Pontianak | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  58. Jual AlphaMax Gel Di Batam | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  59. Jual AlphaMax Gel Di Mataram | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  60. Jual AlphaMax Gel Di Balikpapan | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  61. Jual AlphaMax Gel Di Banjarmasin | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  62. Jual AlphaMax Gel Di Samarinda | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  63. Jual AlphaMax Gel Di Depok | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  64. Jual AlphaMax Gel Di Bogor | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  65. Jual AlphaMax Gel Di Karawang | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  66. Jual AlphaMax Gel Di Solo | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  67. Jual AlphaMax Gel Di Semarang | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  68. Jual AlphaMax Gel Di Malang | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  69. Jual AlphaMax Gel Di Kediri | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  70. Jual AlphaMax Gel Di Sidoarjo | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  71. Jual AlphaMax Gel Di Tangerang | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  72. Jual AlphaMax Gel Di Jambi | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  73. Jual AlphaMax Gel Di Gorontalo | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  74. Jual AlphaMax Gel Di Papua | Distributor Resmi AlphaMax Gel Plus Asli Original

    Produk No.1 untuk Vitalitas Pria yang sudah terbukti khasiatnya!

    Informasi Konsultasi dan Pemesanan
    - Telepon : 082242332684
    - WhatsApp : 082242332684

    Baca Juga Produk Lainnya : Obat Kuat Bekasi

    JANGAN KECEWAKAN PASANGAN ANDA
    AYO BURUAN. .!! TUNGGU APALAGI, PESAN SEKARANG JUGA PEMBESAR PENIS REKOMENDASI PARA DOKTER AHLI..!!

    BalasHapus
  75. Ruangan kamar saya panas ,untuk membuat ruang kamar suapaya dingin pada saat malam hari pilih yang in apa yang out ya ��

    BalasHapus
  76. Mas rencana sy krn kmr 1 sdh pakai ac 1pk, agar kamar seblhny ikut adem sy pakai yg jenis ap y heksosny. Kmr sy ukuran 3x2,5. Biar nyedot ke kmr no 2 nya. Makasi smg dijawab,

    BalasHapus